Efek Musik Romantis Bagi Kehidupan Cinta

Suka mendengarkan musik romantis? Ini memberi efek positif bagi si lajang.

 
 
VIVAnews - Apakah Anda suka mendengarkan musik romantis? Ini ternyata memberi efek positif untuk membuka hati pada pria. Musik romantis atau bertema cinta memberi semangat untuk mulai berkencan bagi si lajang.

Kesimpulan tersebut merupakan hasil penelitian psikolog asal Prancis, Nicolas Gueguen dari Heriot Watt University, Inggris.

Gueguen merekrut 183 mahasiswi usia 18-20 tahun. Ia mengatakan kepada para mahasiswa bahwa mereka akan menjadi bagian dalam tes riset. Setelah mereka berkumpul, ia mengatakan bahwa mitra penelitian datang terlambat.

Mereka diminta menunggu di sebuah ruangan dengan latar suara lagu-lagu cinta, pop dan musik yang sama sekali tidak romantis. Lalu, masing-masing diminta menuju ruang pengujian, di mana seorang aktor pria berusia 20 tahun, dengan penampilan rata-rata, sudah duduk menunggu. 

Tiap wanita kemudian menghabiskan waktu lima menit bersama dengan pria tersebut untuk berdiskusi soal penelitian. Kemudian, si aktor dikondisikan untuk mengajak tiap wanita berkencan.

Hasilnya, 52 persen wanita yang baru saja mendengarkan lagu romantis langsung memberikan nomor kontak pada pria tersebut. Hanya 28 persen wanita yang baru saja mendengarkan musik pop, yang memberikan nomor telepon.

Penelitian yang dipublikasi dalam Journal Psychology of Music, ini hanya melihat efek musik romantis pada wanita. Menurut profesor psikologi dari Heriot Watt University, Adrian North, melakukan penelitian untuk melihat efek musik romantis pada pria akan jauh lebih sulit.

"Bahayanya adalah bahwa jika Anda melakukan percobaan yang sama, semua pria bisa langsung mengatakan 'Ya'," kata North seperti dikutip dari Daily Mail.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes