Memasang form post berlangganan lewat email di Blog


Berlangganan lewat email, tentu anda pernah melihat form tersebut bukan?, baik itu di blog lain ataupun diblog ini. Silahkan masukkan email anda jika belum berlangganan artikel blog ini lewat form berlangganan. Mungkin ada pertanyaan lain yang ada dibenak anda tentang kegunaan form tersebut, baik saya akan sedikit menginformasikan tentang kegunaan form tersebut, saya contohkan jika anda memasukkan email anda kedalam form berlangganan lewat email di blog ini, maka setiap blog ini update atau ada artikel terbaru, anda akan dikirimi email yang berisikan update artikel terbaru dari blog ini, jadi anda dapat membaca artikel blog ini melalui email.

Disini saya akan sedikit menginformasikan bagaiman kita dapat menaruh form berlangganan di blog kita dengan menggunakan layanan google feedburner, dibawah ini adalah langkah-langkahnya.

1. pertama tama masuk ke feedburner
2. setalah anda ada di situs tersebut kemudian masuk dengan user (ID) gmail atau blogspot anda.
3. setelah masuk maka anda akan di suguhi form, masukkan url berikut ini kedalam form tersebut: http://namablog.blogspot.com/feeds/posts/default , ganti tulisan yang tercetak tebal dan miring (namablog) dengan nama sub blog anda.
4. setelah itu jika blog anda berisi hanya video maka beri tanda centang pada I am a podcaster , dan jika tidak maka tidak usah anda centang.
5. Selanjutnya klik next
6. berikutnya, pastikan title feed anda isi sesuai dengan judul blog anda
7. nah dibawah title feeds ada feed address, silahkan ganti jika anda ingin menggantinya
8. setelah itu klik NEXT
9. kemudian, klik skip directly to feed management dan di halaman berikutnya klik publicize yang terletak di bagian atas
10. kalau sudah anda lakukan, kemudian klik email subscriptions,yang terletak di sidebar sebelah kiri
11. lalu klik activate
12. setelah anda klik activate, maka anda akan diberikan code script, copy script tersebut kemudian save

nah, berarti sekarang anda telah mempunyai code script email berlangganan tersebut, langkah selanjutnya anda harus masuk ke blogger.com dengan mengetikkannya di browser kesayangan anda. Setelah anda masuk di blog anda, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memasang code yang telah anda copy tadi.
1. klik tata letak/layouts
2. klik tambah gadget/add a gadget
3. pilih HTML /java script
4. kemudian paste script yang telah anda copy tadi ke kolom content,dan berikan judul missal berlangganan dsb.
5. langkah terakhir adalah klik simpan.

Cat : Jika anda ingin langsung terpasang tanpa copy, klik saja pilihan Use as a widget in. lalu klik Go, maka Blogger akan otomatis menconfirm penambahan Widget ini.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes